Pages

Kamis

KEISTIMEWAAN MEMBACA SHOLAWAT

Membaca Sholawat itu sangatlah besar sekali hasiyatnya, di samping merupakan tanda cinta kepada Nabi Muhammad Saw;juga melaksanakan perintah Allah Swt. Hal ini di terangkan dalam firman Allah Swt yang berbunyi"
ان الله وملائكته يصلون على النبي ياايها الذين امنوا صلوا عليه وسلموا تسليما.
Artinya : Sungguh Allah dan Malaikat-Nya bersolawat atas Nabi, wahai orang-orang yang beriman bersolawatlah kalian atasnya dan bersalamlah
dengan sesungguh- sungguhnya.
    
     Ketahuilah bahwa sholawat itu berbagai macam shighot ( bentuk lafadh ) sampai mencapai 4000 bahkan sampai pada 12.000 macam. Semuanya telah di sepakati dan di pilih oleh kalangan mereka yang gethol dengan Sholawat mulai Negara bagian tiimur sampai Negara barat denga menurut apa yang mereka jumpai yang mana sanadnya sambung antara mereka dan beliau Nabi Muhammad Saw. Mereka faham betul tentang keistimewaan-keistimewaan dan manfa'at- manfa'at yang terkandung di dalam masing- masing Sholawat dan mereka telah menemukan rahasia- rahasia yang ada di dalamnya, sebagian rahasia itu telah masyhur di kalangan mereka, baik melalui jalan uji coba maupun kenyataan- kenyataan dalam usaha untuk menghilangkan kesempitan-kesempitan maupun untuk menghasilkan hal –hal yang di inginkan, seperti sholawat munjiyat  yang insya Allah akan di jelaskan di belakang nanti.

 KEISTIMEWAAN MEMBACA SHOLAWAT
    
     Banyak sekali hadits- hadits yang menerangkan tentang keistimewaan membaca sholawat, di antaranya adalah hadits yang di riwayatkan oleh Ibnu Mandah dari Jabir bahwasanya ia berkata "
قال رسول الله صلعم " من صلى علي كل يوم مائة مرة  وفي رواية  من صلى علي في اليوم مائة مرة قضى الله له مائة حاجة سبعين منها في الاخرة وثلاثين في الدنيا .

Artinya : Rasulullah Saw bersabda " Barang siapa bersholawat kepadaku setiap hari 100 x , dalam riwayat lain mengatakan  Barang siapa bersolawat kepadaku dalam sehari 100 x , maka Allah akan memenuhi baginya 100 hajat yang 70 di berikan di akhirat dan yang 30 di berikan waktu di dunia.
Dari Nabi Muhammad Saw bahwasanya beliau bersabda "
من عسرت عليه حاجته فليكثر بالصلاة  وفي رواية  فأكثر بالصلاة علي فانها تكشف الهموم والغموم والكروب ونكثر الارزاق وتقضى الحوائج

Artinya : Barang siapa sulit keperluannya, maka hendaklan memperbanyak dengan sholawat, dalam sati riwayat : lalu ia memperbanyak dengan sholawat kepadaku, maka sesungguhnya itu bias membuka kesedihan dan kesempitan dan bias memperbanyak rizki dan semua hajjat akan terpenuhi.

Imam As-Suyuty berkata " sesungguhnya hadits ini shohiih, dan banyak bersholawat atas Nabi Saw itu bisa mempermudah jalan rizki dan banyak barakah yang turun, dan bisa untuk menghilangkan kesedihan- kesedihan dan juga untuk memenuhi beberapa hajat. Kesemua itu bisa dengan jalan kenyataan yang terjadi maupun dengan jalan uji coba antara Ulama' salaf dan Ulama' kholaf, dan bertawassul dengan melalui sholawat salam kepada Nabi Muhammad Saw dalam semua urusan itu terjadi di antara manusia dan kalangan Jin dan Malaikat sebagaimana yang telah di kemukakan dalam ayat- ayat dan Hadits- Hadits. "
     Di ceritakan dari Saw bahwasanya beliau bersabda " Aku melihat di malam mi'raj ada satu malaikat yang jatuh tertelungkup tanpa sayap karena patah dan berubah warnanya, lalu aku bertanya pada Jibril ' wahai Jibril siapa malaikat ini dan apa yang sedang terjadi pada dirinya ?, berkata Jibril; ini adalah malaikat termasuk muqarrabin yang di utus oleh Allah bertugas menghancurkan suatu kaum, namun karena ia teledor karena merasa kasihan dengan mereka, maka Allah murka kepadanya sejak 4.000 tahun yang lalu sebagaiman yang kau lihat, aku bertanya " apa tiada taubat baginya ? lalu Allah memberi wahyu kepadaku bahwa taubatnya adalah membaca Sholawat kepadamu Muhammad 10 x. Lalu Malaikat tersebut membaca sholawat kepada Nabi  Saw 10 x kemudian malaikat tersebut kembali semula dan ia memiliki 70.000 wajah dan dalam setiap wajah terdapat 70.000 mulut dan setiap mulut terdapat 70.000 lidah , setiap lidah bertasbih kepada Allah 70.000 bacaan tasbih, lalu Allah menciptakan dari  setiap tasbih tersebut malaikat yang beristighfar memintakan ampun bagi orang yang membaca sholawat kepadaku " ( Keterangan dalam kitab Bahrul-Anwar  ).

     Di riwayatkan dari baginda Nabi Muhammad Saw bahwasanya beliau bersabda:

اتاني جبرائل واسرافيل وعزرائل وميكائل عليهم الصلاة والسلام فقال جبرائل : يا رسول الله من صلى عليك عشر مرات أنا اخذ بيده وأمره على الصراط , وقال ميكائل انا اسقيه من خوضك  , وقال اسرافيل انا اسجد لله تعالى ما أرفع رأسي حتى يغفر الله له , وقال عزرائل أنا أقبض روحه كما قبضت ارواح الانبياء عليهم الصلاة والسلام.

Artinya : Telah mendatangiku Jibril, Mikail, Israfil dan 'iizrail lalu Jibril berkata " Ya Rasulallah barang siapa yang bersholawwat kepadamu 10 kali, maka aku akan memegang tangannya dan aku ajak melewati shirathot ( jembatan ) dan Mikail berkat " saya akan memberi minuman kepadany dari telagamu, dan berkata Israfil " saya akan bersujud kepada Allah Ta'ala saya tak akan mengangkat kepalaku sehingga Allah mengampuninya, dan Izrail berkata " saya akan mencabut nyawanya sebagaimana aku mencabut arwah- arwah para Anbiya' Alihim Al-salam.
    
Hikmah membaca sholawat.
    
      Hikmah membaca sholawat tak terhingga jumlahnya, di antaranya ialah;
1).  ( انها تجلو القلب من الظلمة   )  Bahwa sholawat bisa menyinari hati dari kegelapan.
2).  (  وتغني عن الشيخ  )             Tidak usah membutuhkan guru pembinbing.
3).  (  وتكون سبابا للوصول   )       Bisa menjadi sebab sampai kepada Allah.
4).  (   وتكثر الرزق )                  Bisa memperbanyak rizqi.
5).  ( من أكثر منها حرم الله جسده على النار  )  Orang yang memperbanyak bersholawat Allah                                          
                                                              mengharamkan jasadnya tersentuh api neraka.


Adab membaca sholawat

     Adab membaca sholawat yaitu;
1).  Suci dari najis.
2),  Berwudlu.
3).  Menghadap kiblat.
4).  Berfikir tentang dzat Nabi Muhammad saw yang muliya.
5).  Membaca secara tartil masing- masing huruf sholawat.
6). Tidak tergesa- gesa pada kalimat- kalimat sholawat. Sebagaimana sabda beliau

      إذا صليتم علي فأحسنوا الصلاة علي فإنكم لاتدرون لعل ذلك يعرض علي وقولوا اللهم اجعل صلواتك وبركاتك على سيد المرسلين وامام المتقين وخاتم النبيين سيدنا محمد عبدك ورسولك امام الخيروقائد الخير ورسول الرحمة اللهم ابعثه المقام المحمود الذى يغبط فيه الاولون والآخرون رواه الديلمى                               
Artinya: Bila kalian bersholawat kepadaku, maka perbaiki sholawat kepadaku.karena
Kalian tidak tahu mungkin itu di haturkan kepadaku dan ucapkanlah ya                Tuhanku jadikan sholawat-Mu dan barokah-Mu kepada pemimpin para Rasul dan imamnya orang- orang yang taqwa dan penutup para Nabi yaitu pemimpin kami Muhammad yang menjadi hamba-Mu dan Rasul-Mu pemimpin kebaikan dan penuntun kebaikan dan Rasul kasih sayang. Ya Tuhan kami berilah ia kedudukan yang terpuji di mana orang- orang terdahulu dan yang akhir semua pada berharap di dalamnya.( I’anatuttholibin juz awwal hal 7 ).

     Itulah di antara sebagian hasiyat- hasiyat membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Saw , dan tentu masih banyak lagi hasiyat- hasiyat lain yang tidak mungkin kami tulis satu persatu karena saking terlalu banyaknya tentang hasiyat tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar